Pantai Lovina [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Ditulis Oleh Kartika
Dalam
InformasiLokasi & RuteJam Buka & Harga TiketFasilitasDaya TarikRekomendasi & TipsGalleryKesimpulan

Pantai Lovina merupakan pantai yang menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Bali, khususnya daerah Bali Utara. Ketika kita membicarakan Bali dan segala pesonanya tiada akan ada habisnya. Bali dianugerahi alam yang indah. Pantai, gunung, dataran rendah, areal persawahan, pasar semuanya tersaji dengan apik.

Jika kita bicara mengenai wisata Bali, kita selalu mengacu pada Kuta dan pantai-pantai di wilayah Bali selatan seperti pantai balangan atau pantai Uluwatu.  Padahal Bali bukan hanya pantai Kuta saja. Anda harus mencoba destinasi wisata di Bali Utara dan memasukkannya ke dalam perencanaan liburan Anda ke Bali.

Bali Utara dikenal dengan wilayahnya yang masih asri dengan suasana khas dataran tinggi, pegunungan serta pedesaan.

Bali Utara menawarkan pemandangan alam serta destinasi wisata yang menakjubkan. Anda bisa menikmati keindahan pantai, danau, gunung, air terjun, dan masih banyak lagi.

Pantai Lovina merupakan salah satu tempat memukau yang ditawarkan oleh Bali Utara. Wisata Lovina ini sangat terkenal dengan atraksi melihat lumba-lumba di Lovina. Lumba-lumba Lovina ini adalah salah satu daya tarik Lovina Beach ini.

Ada fun fact mengenai asal nama “Lovina”. Lovina berasal dari kata “love” dan “ina”. Oleh masyarakat umum, Lovina diartikan sebagai cinta indonesia (Love untuk cinta, dan INA untuk nama Indonesia). Akan tetapi, makna sebenarnya ternyata bukan itu.

Panji Tisna, penggagas kawasan wisata Lovina, mengatakan bahwa Lovina dari kata “love” untuk cinta, dan “ina” untuk kata ibu dalam bahasa Bali. Menurut beliau, Lovina berarti cinta pada ibu atau makna yang lebih dalam lagi adalah cinta pada ibu pertiwi.

post

Lokasi Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak di Bali Utara tepatnya di daerah desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Lovina terletak 10 km dari Kota Singaraja atau sekitar 20 menit berkendara dengan mobil.

 

( Klik Gambar untuk membuka destinasi di Google Maps )

Pantai Lovina ini merupakan pantai yang paling terkenal di wilayah Bali Utara. Suasananya masih asri dan tenang. Dan, tahukah Anda bahwa pasir pantai di sini bukan putih seperti di Kuta atau pantai-pantai di wilayah Bali Selatan, akan tetapi hitam.

Area wisata Lovina beach memiliki garis pantai yang cukup panjang yakni sekitar 2 km dan menaungi enam kawasan pantai di enam desa, yakni desa Kalibukbuk, desa Tukadmungga, desa Banyualit, desa Temukus, desa Kampung Baru (Kaliasem), dan desa Pemaron. Semuanya sepakat memakai nama kawasan wisata Pantai Lovina.

Cara Akses menuju Pantai Lovina

Area wisata Lovina Bali ini dapat dicapai dengan perjalanan darat dengan mobil. Jika anda datang ke Bali menggunakan pesawat terbang dan turun di Bandara Ngurah Rai, Anda dapat langsung ke Lovina dengan menggunakan mobil. Jaraknya sekitar 92 km atau 3 jam berkendara.

Akan tetapi, Anda akan disarankan untuk mencari penginapan di sekitar Kuta atau Denpasar, baru kemudian setelah beristirahat, Anda bisa pergi ke Lovina.

Jika Anda berangkat dari Kuta, maka jarak tempuhnya sekitar 97 km atau 3 jam berkendara. Lalu jika Anda berangkat dari Denpasar, jarak tempuhnya sekitar 81 km dengan waktu tempuh 2, 5 jam.

Lain halnya ketika Anda datang dari Jawa dengan menggunakan jalan darat, Anda akan menyeberang ke Gilimanuk. Dari Gilimanuk ke kawasan Pantai Lovina, Anda akan menempuh jarak sekitar 78 km atau sekitar 1, 5 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Lovina

Harga tiket masuk area wisata Lovina adalah gratis. Kok bisa gratis ya? Iya karena memang Anda dibebaskan untuk menikmati keindahan alam pantai dan kawasan sekitar Lovina ini.

Akan tetapi jika Anda ingin melihat lumba-lumba Lovina, Anda perlu membayar sewa perahu nelayan dan biaya pengemudi perahu nelayan.

Biaya untuk sewa perahu nelayan sekitar Rp. 150.000/orang. Dengan biaya sebesar itu, Anda akan diantar untuk melihat lumba-lumba di tengah laut. Masing-masing persewaan menetapkan biaya yang mungkin berbeda ya.

Pantai Lovina terbuka bagi para pengunjung setiap hari 24 jam. Itu artinya Anda bisa datang kapan saja. Di pinggir pantai kawasan wisata Lovina, terdapat banyak penginapan murah dan hotel murah yang bisa Anda pilih.

Lalu kapan waktu terbaik untuk menonton lumba-lumba Lovina? Lumba-lumba Lovina dapat dilihat pada jam 06.00 – 08.00 WITA. Rentang waktu tersebut merupakan saat yang paling baik untuk melihat lumba-lumba Pantai Lovina ini.

Fasilitas Pantai Lovina

Area wisata Lovina menawarkan banyak fasilitas kepada para pengunjung untuk menikmati liburan, sebagai berikut:

  • Penginapan atau hotel
    Banyak penginapan murah di Lovina. Jadi Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan budget Anda.
  • Penyewaan perahu
    Di Lovina, banyak tempat penyewaan perahu nelayan yang bisa Anda sewa untuk melihat lumba-lumba. Biasanya penyewaan perahu tersebut sudah sekalian menawarkan paket menonton lumba-lumba.
  • Penyewaan peralatan snorkeling
    Tempat penyewaan peralatan snorkeling juga cukup banyak di kawasan Pantai Lovina ini. Biasanya juga sudah sekalian dengan paket snorkeling. Jadi Anda tinggal memilih mau memakai jasa penyewaan yang mana.
  • Warung makan dan restoran
    di Lovina Bali ini, di tepi pantai dan seputaran kawasan wisata ini,  Anda akan menjumpai warung makanan yang menjajakan makanan khas Bali. Selain warung, Anda juga akan menemukan banyak restoran di Pantai Lovina ini.
  • Toko suvenir khas Bali
    Anda juga akan banyak menemukan toko suvenir yang menjajakan benda-benda khas Bali yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.

Keunikan dan Daya Tarik Pantai Lovina

Tim Tripbali sudah mempersiapkan daftar keunikan dan daya tarik dari pantai Lovina ini :

Lumba - lumba di Tengah Laut

Keberadaan lumba - lumba di perairan Pantai Lovina ini merupakan daya tarik dan keunikan tempat ini. Kawanan lumba-lumba memang sering muncul di perairan laut Lovina dan itu terjadi sepanjang tahun. Perairan Lovina diketahui adalah memang habitat dan jalur migrasi lumba-lumba.

Lumba-lumba tersebut bermigrasi dari perairan timur Indonesia seperti wilayah Nusa Tenggara, Sulawesi dan utara Bali menuju ke perairan barat Indonesia seperti Laut Jawa. Ternyata perairan Pantai lovina merupakan pertemuan arus hangat dan dingin. Lumba-lumba sangat menyukainya. Maka tidak mengherankan jika di kawasan wisata Lovina beach ini banyak ditemui lumba-lumba liar dalam jumlah banyak.

Suasana Pedesaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kawasan area wisata Pantai Lovina ini mencakup enam desa asli yang ada di sekitar pinggir pantai. Suasana tenang pedesaan tersebut merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Pasir Hitam yang Cantik

Pantai Lovina yang berwarna hitam tetap saja terlihat cantik meskipun mungkin tidak seperti pasir putih di pantai-pantai seperti Kuta. Pasir hitam ini merupakan daya tarik tersendiri dari wisata Lovina ini.

Konservasi Terumbu Karang

Perairan di Pantai Lovina juga merupakan rumah bagi terumbu karang dan biota laut yang cukup beraneka ragam. Hal ini membuat terumbu karang di Pantai Lovina ini menjadi salah satu area konservasi.

Rekomendasi Aktivitas  dan Tips Berwisata di Pantai Lovina

Berikut ini adalah rekomendasi aktivitas dan tips berwisata

Berburu Sunset dan Sunrise

Pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam di Lovina sungguh sangat indah. Jika Anda juga hendak menonton lumba-lumba, Anda juga bisa sekalian menyaksikan matahari terbit di tengah laut. Jika tidak, Anda bisa menikmatinya langsung di bibir pantai.

Snorkeling

Salah satu tempat snorkeling yang terkenal di Lovina adalah Coral Reef Lovina. Anda bisa melihat beberapa macam ikan yang cantik dan juga terumbu karang yang masih terjaga.

Ketika Anda snorkeling pastikan Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • pastikan Anda menyewa peralatan snorkeling yang memadai
  • sebaiknya Anda memakai pakaian renang
  • jangan mengambil apapun dari terumbu karang atau menangkap ikan
  • pastikan Anda tidak meninggalkan sampah apapun di area terumbu karang

Memancing

Bagi Anda yang suka memancing, Lovina ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat memancing. Anda bisa memancing di tengah laut. Anda hanya perlu menyewa perahu nelayan untuk membawa Anda ke tengah laut dan memancing dengan tenang.

  • pastikan Anda menyiapkan semua peralatan memancing Anda
  • pakailah pakaian yang nyaman untuk memancing. sebaiknya Anda memakai kaos lengan panjang dan celana panjang dan sepatu bot karet.
  • memakai topi dan kacamata hitam karena Anda berada di tengah laut yang mungkin mathari bersinar sangat terik

Menonton Lumba – lumba di Tengah Laut

Lumba-lumba lovina ini merupakan salah satu atraksi yang paling menarik di Pantai Lovina. Untuk bisa menikmati melihat kawanan lumba-lumba ini dari jarak yang lumayan dekat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  • pastikan Anda datang di bulan yang tepat. lumba-lumba ini banyak muncul di kisaran April - Oktober.
  • lumba-lumba ini muncul di pagi hari sekitar jam 06.00 - 08.00 WITA. Jadi pastikan Anda sudah siap di atas kapal jam 05.30. Anda bisa menikmati sunrise di tengah laut sembari menunggu kawanan lumba-lumba muncul.
  •  jika banyak orang yang menonton lumba-lumba, biasanya mereka tidak akan mau muncul karena terlalu ramai. Jadi pastikan anda untuk tidak mengejar lumba-lumba tersebut, tetapi tunggu sebentar kemudian baru mendekat.
  • pakailah pakaian yang nyaman untuk aktivitas ini
  • siapkan kamera atau ponsel Anda akan tetapi hati-hati karena kamera atau ponsel Anda bisa jatuh ke lau

Perlengkapan yang Harus Dibawa ke Pantai Lovina

Ketika Anda berwisata ke Pantai Lovina, ada beberapa perlengkapan yang harus Anda bawa, sebagai berikut:

  • kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar UV
  • jas hujan dan payung. Jika Anda datang ke Lovina bertepatan dengan musim hujan, kedua benda ini akan sangat dibutuhkan.
  • topi. Anda sebaiknya membawa topi karena matahari terkadang bersinar begitu terik
  • sunscreen (tabir surya)
    ketika Anda beraktivitas di pantai dan di laut, Anda sangat membutuhkan tabir surya ini untuk melindungi kulit anda dari pancaran sinar UV
  • perlengkapan pribadi seperti pakaian, obat-obatan pribadi, perlengkapan mandi
    perlengkapan pribadi ini wajib dibawa baik bagi Anda yang hendak menginap di penginapan di Lovina atau tidak.
  • uang tunai dalam jumlah yang cukup dan uang non tunai
    membawa uang tunai dan non tunai juga wajib hukumnya. Sediakan uang tunai dalam nominal besar dan kecil dengan jumlah yang cukup karena mungkin ada beberapa tempat yang belum bisa menerima pembayaran non tunai.
  • Sandal gunung dan sandal
    ada baiknya anda membawa sekaligus sandal gunung dan sandal biasa sebagai penunjang aktivitas outdoor Anda di sini

Kesimpulan

Pantai Lovina merupakan sebuah tempat yang sangat indah dan memukau serta tidak pernah bisa dengan mudah dilupakan. Anda akan menemukan banyak keindahan di sini.

Dengan membaca ulasan dari kami di paket wisata Bali mengenai Pantai Lovina, anda bisa mulai merencanakan liburan Anda ke Bali. Selamat berlibur!

Logo Tripbali
ABOUT TRIPBALI
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata bali, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2023 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram