Trekking Mount Batur [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Ditulis Oleh Kartika
Dalam
InformasiLokasi & RuteJam Buka & Harga TiketFasilitasDaya TarikRekomendasi & TipsGalleryKesimpulan

Trekking Mount Batur atau mendaki Gunung Batur merupakan salah satu aktivitas favorit para wisatawan yang mengunjungi Gunung Batur. Anda bisa melihat sunrise dari atas Gunung Batur dan juga Danau Batur.

Setiap pekan terutama saat musim liburan, Gunung Batur akan dipenuhi oleh banyak orang yang akan melihat dan berburu sunrise dari puncak Gunung Batur.

Mount Batur atau Gunung Batur sendiri adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Bali, di samping Gunung Agung di Kabupaten Karang Asem. Gunung Batur. Kedua gunung ini memiliki arti tersendiri bagi warga Bali terutama bagi umat Hindu Bali.

Bagi umat Hindu Bali, Gunung Batur yang berpasangan dengan Gunung Agung merupakan salah satu elemen penting dalam religi umat Hindu Bali.

Gunung Batur merupakan manifestasi Pradhana (perempuan/yoni) dan berpasangan dengan Gunung Agung yang adalah perwujudan Purusha (laki-laki/lingga). Keduanya kemudian bersinergi melahirkan kesuburan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Dengan ketinggian 1.717 mpdl, Mount Batur ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan khususnya bagi mereka yang mencintai hiking, trekking ke puncak gunung.

Di atas puncak Gunung Batur, Anda akan menyaksikan pemandangan hijau dan indah menghampar di bawah kaki gunung. Anda akan melihat Gunung Agung dari kejauhan, lalu Anda akan melihat Danau Batur.

post

Lokasi dan Cara Akses menuju Gunung Batur

Mount Batur terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, di wilayah Bali Tengah. Dari Denpasar, Gunung Batur kira-kira 63 km atau sekitar 1 jam 45 menit perjalanan darat dengan mobil.

Jika Anda bertolak dari Kuta ke Gunung Batur, kira-kira Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 77 km atau 2 jam. Jika Anda dari Ubud, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam atau sekitar 40 km jarak yang harus ditempuh.

Perjalanan menuju ke Gunung Batur tersebut Anda tempuh dengan mobil, baik itu mobil pribadi atau Anda menyewa mobil untuk bepergian ke destinasi wisata yang Anda tuju.

Jika Anda ada dalam paket perjalanan atau wisata, seperti paket wisata Bali, maka akomodasi semua sudah diatur.

 

( Klik Gambar untuk membuka destinasi di Google Maps )

Harga Tiket Masuk  Gunung Batur

Untuk masuk kawasan wisata Gunung Batur ini wisatawan hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000/orang.  Sedangkan jika Anda ingin melakukan aktivitas trekking Mount Batur, Anda bisa melakukannya sendiri dengan teman-teman atau keluarga Anda tanpa pemandu.

Jika Anda ingin menikmati trekking Mount Batur dengan dipandu oleh pemandu berpengalaman dan juga menikmati aktivitas lain selain trekking, Anda bisa mengambil paket trekking seperti paket wisata Bali.

Biaya paket trekking rata-rata pada umumnya adalah Rp. 200.000 – Rp. 750.000/orang tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Jam Buka Gunung Batur

Gunung Batur ini terbuka selama seminggu penuh, 24 jam. Anda bisa datang ke sini kapanpun Anda suka. Akan tetapi waktu terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Batur adalah di musim kemarau sekitar April/Mei – Oktober.

Cuaca akan cenderung cerah dan langit akan bersih dan berwarna biru jernih. Lalu waktu terbaik untuk trekking dan menikmati sunrise adalah di jam 5.30.

Ketika Anda mendaki di musim kemarau, Anda akan melihat matahari terbit dengan latar belakang langit yang cerah.

Fasilitas Wisata  Gunung Batur

  • Area parkir kendaraan
    Area parkir kendaraan di kawasan wisata Gunung Batur ini cukup luas dan cukup untuk menampung kendaraan para wisatawan
  • Toilet  dan kamar mandi
    Area wisata Gunung Batur memiliki fasilitas toilet dan kamar mandi yang cukup lengkap, bersih, dan memadai. Hal ini sangat dibutuhkan bagi para wisatawan setelah mereka selesai mendaki untuk pergi ke kamar mandi dan toilet.
  • warung makan
    Selepas Anda mendaki, mungkin ada di antara Anda yang lapar dan ingin mencoba sarapan dan makan siang dengan makanan khas Bali, Anda bisa makan di warung makan yang tersedia di sini.
  • penginapan
    Di area wisata Gunung Batur ini juga terdapat penginapan sesuai dengan budget Anda. Anda dapat menginap di sore hari dan malam hari untuk menikmati pengalaman sunrise di pagi hari.

Keunikan dan Daya Tarik Gunung Batur

Kaldera Gunung Batur

Kaldera Gunung Batur sangatlah luas dan indah. Kaldera Gunung Batur ini berukuran 13,8 x 10 km.

Danau Batur

Danau Batur merupakan danau yang sangat terkenal di Bali. Danau ini terbentuk secara alami karena letusan dahsyat gunung Batur. Bentuknya yang hampir mirip seperti bulan sabit, membuatnya semakin unik.

Air danau ini juga sangat eksotis karena bisa berubah warna menurut kadar belerang yang ada di dasarnya. Air danau ini bisa memantulkan pemandangan di sekitarnya sehingga terlihat sangat indah.

Sunrise di Gunung Batur

Matahari terbit di Gunung Batur merupakan salah satu pesona dari gunung ini. Pemandangan matahari terbit dari atas puncak Gunung Batur ini sungguh sangat luar biasa.

Geopark

Gunung Batur merupakan kawasan Geopark Batur. Di dalamnya mencakup wisata gunung Batur, kaldera, danau Batur hingga museum.

Trekking Mount Batur

Gunung Batur merupakan surga bagi para pendaki pemula. Dengan track yang tidak terlalu sulit, puncak Gunung Batur dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 2 - 3 jam perjalanan.

Puncak Gunung Batur dengan pemandangan matahari terbit merupakan magnet tersendiri yang tidak akan mungkin dilewatkan oleh wisatawan. Meski harus rela berjalan 3 jam di dini hari, akan tetapi demi sunrise yang sempurna, banyak wisatawan yang rela melakukannya.

Biasanya Anda harus bersiap di pos pendakian pertama atau memulai pendakian di jam 02.00 WITA dini hari supaya Anda bisa sampai di puncak pada jam 05.00 WITA. Matahari muncul biasanya pada kisaran jam 05.30 WITA.

Di puncak, sambil menikmati sunrise, Anda bisa sarapan roti bekal dan minum teh panas manis atau kopi pahit untuk menghangatkan tubuh. Perpaduan yang sempurna bukan? teh panas, setangkup roti, secangkir kopi pahit dan matahari terbit. Aih, itu sempurna sekali.

Jalur Trekking Mount Batur

Melalui Pura Pasar Agung

Titik ini ada di sisi selatan Gunung Batur, kurang lebih 300 m ke utara Pura Jati. Titik berangkat ini merupakan yang paling dekat jika Anda datang dari Denpasar.

Melalui Toya Bungkah

Titik awal pendakian berada di Banjar Toya Bongkah, Desa Batur Tengah, sekitar 100 meter sebelum pemandian Toya Devatsya Hot Spring. Perjalanan ke puncak melalui rute ini memerlukan waktu sekitar 1 jam 15 menit hingga 2 jam. Panjang rutenya sekitar 4,5 km.

Jalur melalui Toya Bongkah ini yang paling direkomendasikan untuk dilalui karena jalurnya lebih bersahabat daripada jalur lainnya.

Melalui Serongga

Jalur pendakian Serongga terletak di timur laut kaki Gunung Batur tepatnya di Banjar Serongga, Desa Songan B, Kintamani. Jalur ini dapat ditempuh sekitar 20 menit ke utara titik Toya Bungkah.

Melalui Jalur Culali

Jalur pendakian melalui Pura Bukit Mentik. Track ini cukup panjang bagi pendaki pemula. Kondisi jalannya juga cukup licin karena sering dilewati truk pengangkut pasir.

Tips Trekking Mount Batur

Sebelum memulai trekking Mount Batur ini, pastikan dan perhatikan hal-hal berikut ini untuk mempermudah perjalanan pendakian Anda.

  • Pastikan bahwa Anda dalam kondisi tubuh yang sehat dan fit
    Oleh karena nantinya Anda akan berjalan sejauh 2– 3 jam, dan medannya mendaki, Anda harus benar-benar sehat.
  • Pakailah pakaian yang sesuai dengan aktivitas Anda mendaki ini
    Memilih pakaian yang sesuai dengan aktivitas, akan membuat Anda terbantu menjalani aktivitas tersebut karena Anda merasa nyaman.
  • Periksalah perlengkapan mendaki Anda
  • Sewalah guide yang berpengalaman dan paham medan
    Jika Anda ingin mendaki apalagi ANda pemula, sangat disarankan Anda mendaki dengan didampingi pemandu atau guide yang memahami track.
  • Pilihlah jalur pendakian yang ramah, khususnya jika Anda adalah pemula dan tidak terbiasa dengan aktivitas fisik menantang seperti trekking dan mendaki gunung
  • Pakailah sepatu yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas mendaki.
    Jika memungkinkan pakailah sepatu trekking khusus atau sepatu sport dengan grip pada alasnya. Ini berguna untuk mencengkeram batu dan tanah supaya tidak mudah tergelincir.
  • Bawalah kantong sampah sendiri
    Selalu diingat untuk tidak meninggalkan sampah di dimanapun Anda berada. Jadi lebih baik Anda membawa kembali sampah Anda ke bawah dan mencari tempat sampah, daripada Anda meninggalkan sampah Anda sembarangan di puncak.
  • Bawalah perbekalan Anda secukupnya
    Bawalah air mineral dan makanan ringan yang cukup untuk dimasukkan ke dalam ransel Anda. Anda akan membutuhkannya ketika sudah selesai mendaki nanti.
  • Tentukan waktu terbaik untuk mendaki
    Penentuan waktu mendaki ini juga penting. Karena jika Anda keliru, misalnya, Anda datang di musim hujan, mendaki gunung sangatlah tidak nikmat. Apalagi Anda belum tentu akan bertemu dengan sunrise karena terhalang mendung.
  • Bawalah uang tunai secukupnya
    Di puncak Gunung Batur, biasanya ada penjual makanan juga, jadi lebih baik bawalah uang tunai dalam jumlah secukupnya. Siapa tahu Anda ingin membeli sesuatu ketika Anda sudah mencapai puncaknya.
  • bawalah kamera atau ponsel dengan kamera berkualitas bagus Anda akan banyak mengabadikan momen berkesan di sini, jadi siapkan kamera yang bagus atau ponsel dengan kamera resolusi besar yang berkualitas.

Perlengkapan yang Harus Dibawa ke Gunung Batur

Berikut ini adalah perlengkapan yang harus Anda bawa ketika Anda melakukan trekking mount Batur, sebagai berikut:

  • trekking pole (tongkat hiking)
  • sepatu trekking
  • bag pack (ransel) yang berisi air minum dan makanan ringan
  • senter
  • kamera atau ponsel
  • kantong sampah
  • topi
  • sarung tangan

Kesimpulan

Trekking Mount Batur merupakan sebuah aktivitas favorit yang banyak dilakukan oleh wisatawan ketika mereka berkunjung ke Gunung Batur. Setelah mendaki, Anda akan disuguhi panorama matahari terbit dan juga Danau Batur yang indah. Saat itu juga rasa lelah Anda akan terbayar.

Dengan membaca ulasan dari kami di paket wisata Bali mengenai trekking mount Batur, anda bisa mulai merencanakan liburan Anda ke Bali. Selamat berlibur!

Logo Tripbali
ABOUT TRIPBALI
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata bali, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2023 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram