Savana Tianyar [Update 2023]: Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Ditulis Oleh Vian Okta
Dalam
InformasiLokasi & RuteJam Buka & Harga TiketFasilitasDaya TarikRekomendasi & TipsGalleryKesimpulan

Bali identik dengan destinasi wisata pantai pasir putih, pegunungan, atau pura. Namun, Savana Tianyar Bali menawarkan destinasi wisata yang berupa pesona padang rumput. Letak Savana Tianyar berada di kaki Gunung Agung. Pemandangan padang rumput nan luas di Tianyar disebut mirip savana di Afrika.

 

post

Lokasi Savana Tianyar

Savana Tianyar berada di wilayah Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.  Lokasinya di ujung timur Pulau Bali serta dekat dengan pesisir Pantai Tianyar dan Pantai Tulamben.

savana tianyar bali

( Klik Gambar untuk membuka destinasi di Google Maps )

Cara Mengakses Savana Tianyar

Jika Anda berada di Kota Denpasar, jarak tempuh menuju Savana Tianyar adalah 77 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Namun dari pusat Kota Amlapura, jarak tempuhnya kurang lebih 40 km.

Destinasi Savana Tianyar cukup dekat dengan tempat wisata terkenal lainnya, seperti Pantai Amed dan Pantai Jemeluk.

Agar perjalanan Anda lebih nyaman, sebaiknya Anda membawa sepeda motor atau mobil sendiri. Namun, Anda juga bisa menyewa mobil sekaligus driver yang berpengalaman dan dapat memandu perjalanan Anda.  

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Savana Tianyar

Destinasi wisata Savana Tianyar ini tidak menarik biaya masuk dari para pengunjung. Anda boleh langsung memasuki kawasan padang Savana Bali ini. Anda hanya akan diminta membayar biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam operasional destinasi wisata Savana Tianyar adalah pukul 07.15 hingga 18.00 WITA setiap Senin sampai Minggu. Namun, Savana Tianyar buka lebih pagi khusus Senin, yaitu mulai pukul 06.15 WITA.

Fasilitas di Savana Tianyar

Fasilitas di Savana Tianyar masih cukup terbatas sampai saat ini. Namun, Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas toilet umum dan warung makan yang dikelola masyarakat setempat.

Kemudian, fasilitas penunjang lainnya adalah

  • tempat parkir
  • tempat berteduh
  • gazebo
  • persewaan jeep

Keunikan dan Daya Tarik Savana Tianyar

Savana Tianyar Bali menyuguhkan pemandangan padang luas layaknya savana di Afrika. Pemandangan tersebut akan sangat jelas jika Anda berkunjung saat musim kemarau. Bentangan rumput di Savana Tianyar akan berwarna kemuning dengan latar Gunung Agung. Bukankah panorama tersebut mengingatkan Anda akan padang tandus di Afrika?

Tentu saja suasananya jauh berbeda. Anda tidak akan bertemu hewan buas atau liar seperti di Afrika. Tidak ada jerapah, singa, ataupun banteng liar di Savana Tianyar. Anda mungkin hanya akan bertemu kuda atau sapi di sini.

Bahaya di Savana Tianyar adalah saat Gunung Agung meletus. Lokasi destinasi ini begitu dekat dengan Gunung Agung dan akan menerima dampak letusannya. Namun, anugerahnya adalah tanah di padang Tianyar Karangasem begitu subur dan panoramanya sangat indah.

Daya tarik di savana ini tentu panorama ketika matahari terbit dan matahari terbenam. Keelokan panorama matahari tenggelam dan terbit di Savana Tianyar sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara maupun domestik.

Rekomendasi Aktivitas di Savana Tianyar

Destinasi Savana Tianyar menawarkan banyak aktivitas yang identik dengan kegiatan di padang rumput nan luas. Anda akan benar-benar merasakan asyiknya berpetualang di alam bebas.

Berfoto dengan latar Savana Tianyar

Pada umumnya, para wisatawan yang mengunjungi Savana Tianyar Bali akan mengambil foto. Tentu saja itu karena pemandangan Tianyar Karangasem yang sungguh mengagumkan.

Saat musim kemarau, latar foto Anda berupa padang rumput kekuningan. Sebaliknya saat musim penghujan, padang rumput yang menghijau akan menjadi latar belakang yang penuh pesona.

Jangan lupakan panorama saat matahari tenggelam maupun terbit. Kecantikan langit ketika matahari terbenam berpadu dengan keelokan Gunung Agung dan bentangan savana Tianyar Karangasem. Demikian pula saat matahari mengawali hari.

Wedding photoshoot

Panorama Savana Tianyar yang eksotis akan menjadi latar menarik untuk wedding photoshoot. Anda dapat mengeksplorasi berbagai macam tema, mulai dari nuansa petualangan di alam bebas saat siang hari sampai romantisme matahari terbenam saat senja hari.

Jika akan melakukan wedding or pre-wedding photoshoot, Anda harus mempersiapkan perlengkapan hingga properti secara mandiri. Jangan lupa untuk memeriksa perkiraan cuaca hari saat photoshoot dilakukan.

Berkemah di Savana Tianyar

Kegiatan luar ruangan atau outdoor yang menarik dilakukan di Savana Tianyar adalah berkemah. Jika memilih aktivitas camping, Anda harus mempersiapkan peralatan maupun perlengkapan secara mandiri karena belum ada tempat persewaan alat perkemahan di Savana Tianyar untuk saat ini.

Anda dapat memilih tempat berkemah yang sekiranya tepat dan cocok untuk menghabiskan malam di Savana Tianyar. Ada baiknya Anda mengajak teman atau keluarga agar suasana lebih meriah dan menyenangkan. Kemudian, bawalah peralatan masak yang praktis dibawa untuk digunakan saat berkemah.

Saat berkemah di Savana Tianyar, Anda akan merasakan pengalaman disapa hangatnya sinar matahari terbit dan makan pagi di tempat terbuka. Kemudian, Anda bisa berburu foto, sekadar berjalan-jalan menyusuri padang nan luas, bersepeda, atau menunggang kuda. Pada malam hari, Savana Tianyar akan menyuguhkan langit bertabur bintang yang indah setelah pesona terbenamnya matahari.

Piknik di Tianyar Bali

Jika tidak ingin menghabiskan malam di Savana Tianyar, mungkin Anda bisa sekadar melakukan piknik bersama keluarga atau teman dekat Anda. Tidak ada hewan liar yang akan mengganggu kenyamanan kegiatan piknik Anda.

Anda hanya membutuhkan alas duduk dan makanan. Tentu saja Anda bisa mempersiapkannya sebelum datang ke Tianyar Bali. Jika tidak, Anda dapat membeli makanan khas Bali di warung-warung sekitar Savana Tianyar.

Touring keliling Savana Tianyar

Anda dapat menyewa salah satu jeep di persewaan jeep, lalu melakukan touring keliling Savana Tianyar. Anda bisa mendapatkan pengalaman berkeliling savana dengan pemandangan indah dan medan yang menantang. Setidaknya Anda bisa membayangkan touring di savana Afrika tanpa mengkhawatirkan hewan buas yang berkeliaran.

Belajar keanekaragaman hayati

Selain merasakan sensasi bertualang di alam bebas, Anda juga dapat mempelajari keanekaragaman hayati. Flora dan fauna berbagai jenis hidup di Savana Tianyar. Jika Anda tertarik pada ekologi dan keanekaragaman hayati, mengunjungi destinasi ini akan menjadi pengalaman menarik dan tidak terlupakan.

Tips Berwisata di Savana Tianyar Bali

Jika Anda ingin menikmati panorama padang seperti savana di Afrika, pilihlah musim kemarau untuk mengunjungi Savana Tianyar. Sebaliknya, jika Anda ingin menemui pesona bentangan padang rumput hijau yang menyegarkan mata, datanglah saat musim penghujan.

Sebelum melakukan perjalanan ke Savana Tianyar, Anda harus memastikan terlebih dulu perkiraan cuaca pada hari tersebut. Apalagi jika musim kemarau, Anda sebaiknya berhati-hati untuk menghadapi kemungkinan cuaca buruk, misalnya hujan deras dan angin kencang. Perjalanan Anda akan terganggu dan kemungkinan Anda tidak dapat menikmati pemandangan indah di destinasi tujuan.

Untuk waktu terbaik pergi ke Savana Tianyar Bali, Anda dapat memilih waktu di antara bulan Mei sampai September. Pada waktu-waktu tersebut, cuaca akan cenderung kering dan langit lebih cerah. Anda akan lebih menikmati panorama yang disuguhkan Savana Tianyur Bali.

Kemudian, jumlah wisatawan yang mengunjungi Savana Tianyar mungkin akan lebih ramai juga pada bulan Juni sampai Agustus karena merupakan musim liburan sekolah di beberapa negara. Jika Anda tidak ingin suasana yang terlalu ramai, hindari berkunjung sekitar bulan-bulan tersebut.

Kesimpulan

Savana Tianyar menyuguhkan pesona padang rumput ala savana di Afrika. Namun, tidak ada hewan buas di sini. Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas outdoor.

Jadi, segera rancang agenda Anda jika ulasan dari tripbali sebagai penyedia paket wisata bali ini dapat membantu Anda. Siapkan diri untuk bertualang ke Savana Tianyar!

Logo Tripbali
ABOUT TRIPBALI
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata bali, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2023 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram