Pantai Kuta [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Ditulis Oleh Kartika
Dalam
InformasiLokasi & RuteJam Buka & Harga TiketFasilitasDaya TarikRekomendasi & TipsGalleryKesimpulan

Pantai Kuta merupakan pantai yang menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Bali, khususnya daerah Bali Selatan. 

Ketika kita membicarakan Bali dan segala pesonanya tiada akan ada habisnya. Bali dianugerahi alam yang indah. Pantai, gunung, dataran rendah, areal persawahan, pasar, desa, danau semuanya tersaji dengan apik. 

Pantai Kuta adalah primadona pariwisata Bali. Ia menyedot ribuan orang setiap minggunya untuk datang dan menikmati keindahannya. 

Kuta adalah destinasi pertama yang terpikirkan oleh orang ketika ia memutuskan untuk pergi berlibur ke Bali. Selain tempatnya mudah untuk diakses, terdapat banyak pilihan aktivitas dan fasilitas yang bisa menunjang liburan Anda menjadi sangat menyenangkan. 

Sejarah Pantai Kuta

Siapa sangka sebelum terkenal menjadi tempat jantungnya pariwisata dan primadona di Bali, Kuta adalah tempat orang buangan, orang dengan kusta, budak, dan pelarian. 

Selain itu, sebenarnya Kuta merupakan pelabuhan dagang kerajaan Badung pada waktu itu ketika bermitra dagang dengan Kerajaan Mataram Islam di Jawa dan Belanda di Batavia. 

Pada abad 19, datanglah pedagang Denmark bernama John Mads Lange yang mengatur sistem perdagangan antar pulau di Kuta. Semenjak itu, Kuta menjadi tempat yang sangat sibuk. 

Sebenarnya Pantai Kuta sudah dibuka sebagai tempat wisata oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada awal abad 20 akan tetapi kurang berkembang. 

Tetapi, Kuta baru mulai naik daun ketika periode 1960-an dan semakin meningkat pada tahun 1970-an ketika Kuta menjadi tujuan para wisatawan backpacker yang menganggap Sanur dan Denpasar sudah terlalu mahal. 

Sejak saat itu Kuta mulai menjadi ramai dan mulai hiruk pikuk ketika akhirnya pemerintah mendorong dibangunnya fasilitas di sana.

post

Lokasi Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di Bali Selatan tepatnya di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Kuta terletak 8 km dari Kota Denpasar atau sekitar 16 menit berkendara dengan mobil. 

Garis pantai di Pantai Kuta terbentang sejauh 2,5 km dan landai. Hal tersebut membuat Kuta menjadi favorit banyak wisatawan. Anda bisa puas berjalan-jalan di sepanjang garis pantai di Kuta dan menikmati pemandangan yang ada.

google maps pantai kuta( Klik Gambar untuk membuka destinasi di Google Maps )

 

Cara Akses menuju Pantai Kuta 

Area wisata Kuta Beach Bali ini dapat dicapai dengan perjalanan darat dengan mobil. Jika anda datang ke Bali menggunakan pesawat terbang dan turun di Bandara Ngurah Rai, Anda dapat langsung ke Kuta dengan menggunakan mobil.

Jaraknya sekitar 2 – 3 km atau 10 menit  berkendara dengan kondisi jalan lancar.  

Lain halnya ketika Anda datang dari Jawa dengan menggunakan jalan darat, Anda akan menyeberang ke Gilimanuk. Dari Gilimanuk ke kawasan Pantai Kuta, Anda akan menempuh jarak sekitar 134 km atau sekitar 3 – 4 jam perjalanan. 

Dari Ubud, area kawasan Kuta ini berjarak sekitar 35 km dengan waktu tempuh sekitar 50 – 60 menit dengan kondisi jalan lancar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Kuta  

Harga tiket masuk area wisata Pantai Kuta adalah gratis. Kok bisa gratis ya? Iya karena memang Anda dibebaskan untuk menikmati keindahan alam pantai dan kawasan sekitar Kuta ini. 

Akan tetapi jika Anda ingin berselancar, Anda perlu membayar sewa papan selancar.

Anda juga perlu mengeluarkan biaya lain jika Anda tertarik untuk pijat, tato temporer, naik jetski, kepang rambut atau menikmati hiburan di Kuta Teather.  Jangan lupa ongkos parkir ya. 

Pantai Kuta terbuka bagi para pengunjung setiap hari 24 jam. Itu artinya Anda bisa datang kapan saja.

Di pinggir pantai kawasan wisata Kuta, terdapat banyak penginapan mulai dari yang murah hingga yang berkelas yang bisa Anda pilih. 

Lalu kapan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini? Waktu terbaik mengunjungi Pantai Kuta adalah di sore hari kala matahari sudah tidak terlalu panas dan Anda bisa berjalan-jalan menikmati suasana sore sambil menantikan matahari terbenam.

Fasilitas Pantai Kuta 

Area wisata Kuta menawarkan banyak fasilitas kepada para pengunjung untuk menikmati liburan, sebagai berikut:

  • Penginapan atau hotel
    Banyak penginapan dan hotel mulai dari yang murah sampai yang berkelas di Kuta. Jadi Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan budget Anda.
  • Penyewaan papan selancar
    Penyewaan papan selancar banyak terdapat di pinggir pantai dengan harga bervariasi.
  • Penyewaan tikar dan payung
    Penyewaan tikar dan payung juga banyak pilihannya di tempat ini.
  • Jasa pijat
    Biasanya akan ada penjaja jasa pijat keliling yang akan menawari para tamu di pantai apakah akan menggunakan jasa pijat atau tidak.
  • Kamar mandi dan bilas
    Kamar mandi dan kamar ganti cukup banyak tersedia di sepanjang pinggir pantai.
  • Warung makan dan restoran
    Di Kuta Bali ini, di tepi pantai dan seputaran kawasan wisata ini,  Anda akan menjumpai warung makanan yang menjajakan makanan khas Bali. Selain warung, Anda juga akan menemukan banyak restoran di Pantai Kuta ini.
  • Toko suvenir khas Bali
    Anda juga akan banyak menemukan toko suvenir yang menjajakan benda-benda khas Bali yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.
  • Mall dan pusat perbelanjaan
    Di Kuta, terdapat pula mall dan pusat perbelanjaan kelas dunia yang lengkap dengan semua fasilitasnya. Jika Anda pecinta belanja, jangan lewatkan tempat ini.

Keunikan dan Daya Tarik Pantai Kuta 

Berikut ini adalah beberapa daya tarik pantai kuta yang dapat menjadi pertimbangan untuk berkunjung kesana.

Garis Pantai Kuta yang Panjang 

Kuta memiliki garis pantai yang panjang sejauh 2,5 km. Garis pantai yang panjang ini didukung pula oleh garis pantai yang landai dan sangat bersahabat. 

Anda bisa puas berjalan-jalan menyusuri pantai ini dengan orang-orang tercinta, bercakap-cakap, atau sekedar duduk di warung-warung di pinggir pantai. 

Pasir Putih yang Cantik

Tak pelak lagi keunikan dan daya tarik Pantai Kuta ada di hamparan pasirnya yang berwarna putih. Pasir putihnya begitu mempesona dan mengundang orang untuk duduk dan menikmatinya. 

Ombak yang Bersahabat 

Ombak di Kuta sebenarnya cukup besar tetapi bersahabat. Tidak heran ombak di Kuta ini merupakan favorit para peselancar pemula karena bersahabat dan tidak terlalu keras hempasannya. 

Kondisi Aman  

Kondisi keamanan Kuta terjamin. Hal itu karena Kuta dikelola oleh desa adat Kuta. Oleh karena kondisi keamanannya yang terjamin, Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga dan para sahabat di sini. 

Sunset Pantai Kuta  

Pantai Kuta sangat terkenal dengan matahari terbenamnya. Anda bisa menyaksikan sunset yang sangat cantik di sini. Mulai dari proses turunnya matahari di batas cakrawala sampai benar-benar terbenam.

Hal tersebut memberikan nuansa dan pengalaman yang luar biasa. 

Anda bisa melihat matahari dengan semburat jingga kemerahan ketika turun seolah tenggelam ke laut. 

Kuta  Beachwalk 

Kuta Beachwalk merupakan landmark modern sekaligus destinasi rekreasi utama di Kuta. 

Mall ini menempati lahan seluas 3,7 hektar dan trotoar sepanjang 250 meter di ujung Jalan Pantai Kuta. Kompleks yang mencolok ini memiliki banyak toko, restoran, dan fasilitas hiburan dengan merek dan waralaba internasional.

Kemudahan Akomodasi dan Tranportasi

Kuta terkenal dengan pilihan akomodasinya yang sangat mudah didapatkan. Ada banyak pilihan hotel murah, penginapan murah, homestay, hostel, hingga hotel berkelas dan resort. Tinggal sesuaikan dengan budget Anda. 

Di sepanjang pinggir pantai, terdapat banyak pilihan tempat makan. Mulai dari kelas warung hingga restoran fine dining. Tinggal sesuaikan dengan budget. 

Transportasi pun mudah didapatkan karena Kuta adalah daerah strategis. Anda bisa menemukan penyewaan sepeda, motor, mobil di sini dengan mudah. Atau Anda menggunakan ojek dan taksi online, ada banyak pilihannya. 

Atau jika Anda tertantang untuk naik kendaraan umum dan menikmati sisi Kuta dari sudut lain, Anda bisa naik Teman Bus untuk menuju ke tempat ini. 

Lokasi Strategis

Pantai Kuta memiliki posisi lokasi strategis karena berdekatan dengan banyak destinasi wisata lainnya. Selain itu area wisata ini dekat dengan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, dan juga Gerbang Tol Bali Madura. 

Banyak Pilihan Aktivitas dan Hiburan 

Di Kuta, Anda memiliki banyak pilihan aktivitas mulai dari berjemur di pantai sampai wisata belanja di mall berkelas semua ada di sini. 

Anda juga bisa memilih hiburan dari kelas pinggir jalan, hingga kehidupan malam di bar yang tersebar di sepanjang Kuta.

Rekomendasi Aktivitas  di Pantai Kuta  

Berikut ini adalah rekomendasi aktivitas dan tips dari kami yang dapat dipersiapkan sebelum berkunjung ke lokasi.

Berburu Sunset 

Sunset di Pantai Kuta ini seperti yang sudah diketahui adalah salah satu sunset terbaik. Berburu sunset merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Menikmati sunset sambil duduk di pinggir pantai, wah nikmat sekali. 

Berselancar

Ombak yang bersahabat menjadikan Kuta sebagai salah satu pantai favorit para surfer pemula dan mereka yang baru akan belajar berselancar. 

Anda akan banyak melihat orang belajar selancar di sepanjang laut di pantai Kuta ini. Jangan kuatir, di sini Anda bisa menyewa papan selancar lengkap dengan instrukturnya untuk belajar selancar. 

Berjemur 

Pantai pasir putih, matahari bersinar sepanjang tahun merupakan daya tarik luar biasa untuk wisatawan mancanegara untuk datang dan berjemur di pinggir Pantai Kuta. 

Di sini juga banyak disewakan payung besar dan tikar jika Anda tertarik untuk berjemur. 

Duduk – duduk dan Mengobrol Menikmati Pemandangan 

Sekedar duduk-duduk dan mengobrol di pinggir pantai merupakan hal yang sangat menyenangkan. Sederhana dan tidak butuh terlalu banyak biaya. Anda hanya perlu membawa makanan dan minuman sendiri. Enjoy!

Berenang 

Berenang di laut merupakan salah satu favorit bagi wisatawan. Akan tetapi jangan terlalu jauh ke tengah ya. Perhatikan tanda batas aman area berenang. 

Berjalan-jalan Menyusuri Pantai  

Berjalan-jalan di sepanjang pantai merupakan hal yang bisa Anda lakukan. Bisa Anda lakukan sendirian atau dengan teman atau keluarga.

Rasakan hembusan angin pantai, deburan ombak, pasir pantai di kaki Anda. Damai sekali rasanya. Kepenatan dan rasa capek akan segera hilang. 

Wisata Belanja di Kuta Beachwalk 

Bagi Anda yang memiliki budget lebih, Anda bisa window shopping dan wisata belanja di area Kuta Beachwalk ini. Ini adalah mall yang sangat lengkap. Merk-merk mahal semua hadir di sini. Jadi jika Anda tertarik, silakan tunggu apalagi untuk jalan-jalan ke sini. 

Pijat di Pinggir Pantai 

Anda juga bisa merasakan layanan pijat pinggir pantai di Kuta ini. Biasanya akan ada perempuan penyedia jasa layanan pijat yang berkeliling menawarkan jasanya. Anda bisa mencobanya. 

Bermain Voli Pantai 

Ini adalah salah satu alternatif aktivitas juga untuk dilakukan di pantai Kuta. Anda bisa bermain voli pantai bersama teman-teman Anda. Seru dan meriah sembari menanti matahari terbenam, Anda bisa bermain voli pantai ini

Tips Berwisata  di Pantai Kuta  

Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda berada di Pantai Kuta, sebagai berikut:

  • Bawalah kantong plastik sampah Anda jika Anda kesulitan menemukan tempat sampah. Selalu diingat untuk tidak meninggalkan sampah sembarangan.
  • Buanglah sampah di tempatnya. Jangan meninggalkan sampah sembarangan di pinggir pantai.
  • Pakailah pakaian yang nyaman untuk beraktivitas di sini.
  • Bawalah baju renang, perlengkapan mandi, handuk, baju ganti jika Anda ingin berenang, belajar selancar, atau sekedar berendam laut.
  • Bawalah topi, payung, dan jas hujan
    Anda perlu mempersiapkan payung dan jas hujan selama Anda berwisata. Anda perlu juga menyiapkan topi karena jika hari panas, topi dan payung ini akan melindungi Anda dari sinar matahari.
  • Pakailah tabir surya selama Anda berada di pantai.
  • Selalu patuhi aturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola Pantai Kuta.
  • Bawalah bag pack/ransel yang berisi air minum dan makanan ringan serta benda-benda lain yang Anda butuhkan selama Anda berada di pantai.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel Anda untuk mengabadikan momen saat berkunjung dan menikmati aktivitas di sini.
  • Selalu jaga barang-barang berharga Anda.
  • Pakailah sandal yang nyaman untuk aktivitas Anda di pantai Kuta ini.

Perlengkapan yang Harus Dibawa ke Pantai Kuta 

Ketika Anda berwisata ke Pantai Kuta, ada beberapa perlengkapan yang harus Anda bawa, sebagai berikut:

  • kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar UV
  • jas hujan dan payung
    Jika Anda datang ke Kuta bertepatan dengan musim hujan, kedua benda ini akan sangat dibutuhkan.
  • topi
    Anda sebaiknya membawa topi karena matahari terkadang bersinar begitu terik
  • sunscreen (tabir surya)
    Ketika Anda beraktivitas di pantai dan di laut, Anda sangat membutuhkan tabir surya ini untuk melindungi kulit anda dari pancaran sinar UV
  • perlengkapan pribadi seperti pakaian, obat-obatan pribadi, perlengkapan mandiperlengkapan pribadi ini wajib dibawa baik bagi Anda yang hendak menginap di penginapan di Kuta atau tidak.
  • uang tunai dalam jumlah yang cukup dan uang non tunaimembawa uang tunai dan non tunai juga wajib hukumnya. Sediakan uang tunai dalam nominal besar dan kecil dengan jumlah yang cukup karena mungkin ada beberapa tempat yang belum bisa menerima pembayaran non tunai.
  • Sandal yang nyaman 

Kesimpulan 

Pantai Kuta merupakan sebuah tempat yang sangat indah dan memukau serta tidak pernah bisa dengan mudah dilupakan.

Anda akan menemukan banyak keindahan di sini. Tempat ini adalah magnet. 

Dengan semua kemudahan akomodasi, transportasi, serta fasilitas yang ditawarkan menjadikan Kuta ini sebagai favorit para wisatawan. 

Setelah membaca ulasan dari kami di paket wisata Bali mengenai Pantai Kuta, apakah Anda semakin ingin pergi ke sana? Yuk gasss saja ke Kuta. Selamat berlibur!

Logo Tripbali
ABOUT TRIPBALI
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata bali, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2023 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram