Pantai Balangan [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Ditulis Oleh may
Dalam
InformasiLokasi & RuteJam Buka & Harga TiketFasilitasDaya TarikRekomendasi & TipsGalleryKesimpulan

Balangan Beach - Berlibur dan memilih mengunjungi Bali, sudah pasti juga bermain ke pantai dan menikmati indah dan segarnya air laut. Bicara soal pantai di Bali, kebanyakan wisatawan pasti memilih berkunjung ke pantai pasir putih seperti, Pantai Kuta atau Pantai Tanah Barak. Tapi, mungkin Anda belum pernah mendengar tentang Pantai Balangan atau Balangan Beach. 

Pantai Kuta memang selalu menjadi pilihan karena letaknya yang dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai. Sementara Pantai Balangan jauh dari keramaian kota. 

Anda berencana berlibur dan ingin menikmati sinar matahari di pantai yang jauh dari kebisingan kota? Pantai Balangan pilihan terbaiknya. Yuk simak ulasannya sebelum Anda menentukan tanggal berangkatnya.

post

Balangan Beach, Pantai Indah di Kuta Selatan Bali

Sembari memikirkan apa saja yang harus Anda persiapkan untuk berlibur ke Bali, ada baiknya juga sambil membaca ulasan berikut ini. 

Pantai Balangan terletak di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali. Bagi Anda yang ingin menikmati pantai kalem yang memberikan ketenangan, Balangan memiliki karakteristis yang Anda butuhkan. Lokasinya jauh dari kawasan macet seperti di Kuta, Seminyak dan Legian. Namun, ia dekat dengan pantai dreamland.

Perlu Anda tahu bahwa pantai dreamland adalah the new kuta beach atau Pantai Kuta Baru. Jadi Balangan menjadi termasuk pantai pasir putih Bali yang punya banyak penggemar. Tapi jika Anda berangkat dari pantai dreamland, maka Balangan 15 kilometer jauhnya dan waktu yang Anda  tempuh adalah sekitar 30 menit.

Anda akan menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan jika berangkat dari Ngurah Rai. Menuju ke Balangan, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan serta kenyamanan Anda. 

Jika Anda sedang berada di Pantai Mengiat, maka jarak ke Pantai Balungan adalah 18 kilometer adalah dengan jarak tempuh sekitar 40 menit. Sementara jika Anda bertolak dari Pantai Batu Mejan, jarak ke Balungan adalah 34 kilometer, yang artinya jarak tempuh Anda sekitar 1 setengah jam. 

Sudah mendapat gambaran yang tentang jarak tempuhnya? Liburan dan perjalanan Anda akan lebih nyaman jika sebelumnya Anda juga menentukan transportasi apa yang akan Anda pakai. 

 

google map pantai balangan

( Klik Gambar untuk membuka destinasi di Google Maps )

 

Berapa Harga Tiket Masuk ke Balangan Beach?

Kabar gembira! Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Anda hanya perlu membayar parkir. Untuk kendaraan roda empat, 10 ribu rupiah, sementara untuk roda dua, 5 ribu rupiah. 

Meskipun biaya masuknya gratis, sebaiknya Anda juga memberikan kontribusi berupa menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan begitu, keindahan dan kebersihannya akan tetap terjaga. 

Fasilitas yang Memadai Di Balangan Beach

Ketika mengunjungi tempat wisata, tentunya fasilitasnya yang juga Anda cari. Tenang. Di Pantai Balangan, fasilitasnya memadai. Apa saja? Ini dia list-nya:

  • Tersedia toilet bersih di pinggir pantai
  • Terdapat gazebo untuk Anda bersantai bersama keluarga
  • Jika ingin menginap, di kawasan sekitar pantai ada hotel, villa dan guest house yang bisa Anda pilih sesuai bujet dan kebutuhan. 
  • Tersedia kursi malas dan sewa tenda yang makin memanjakan momen bersantai Anda. 
  • Spot prewedding yang mengesankan.
  • Tersedia studio yoga untuk Anda berlibur dan menyehatkan badan.

Lengkap ya! Nah, Anda tinggal mempersiapkan dengan matang rencana liburan Anda bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Fasilitas di Pantai Balangan sangat memadai untuk berlibur dan menikmati quality time yang berkesan.

Balangan Beach, Pantai Pasir Putih Menawan di Antara 2 Tebing

Lokasinya yang menghadap ke Barat Laut, membuat pantai pasir putih, Balangan ini menjadi salah satu spot favorit untuk menikmati sunset atau matahari terbenam. 

Selain maginya pemandangan sang surya menuju peraduan, Anda pun setiap harinya bisa melihat para peselancar ulung yang datang dari dalam dan luar negeri. Balangan punya ombak yang tinggi, besar dan garang, jadi tidak pas untuk peselancar kelas pemula. 

Sejak pagi hingga sore, Anda bisa menikmati atraksi alami dari para peselancar kelas dunia ini. Jika Anda juga peselancar andal, Balungan siap Anda taklukan.

Tidak hanya itu, jika Anda sedang berada di tebing, maka Anda bisa melihat aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai. Melihat pesawat naik dan turun dari tebing Pantai Balangan tentu akan menjadi momen langka yang sayang jika Anda lewatkan. 

Tebing Tinggi Balangan Menjadi Spot Favorit

Ketika Anda sampai di Pantai Balangan, Anda bisa memilih mau langsung ke bibir pantai, atau menikmati keindahan dari tebing yang terletak di sebelah kanan dari tempat kendaraan Anda parkir. 

Nah, Jika Anda ingin mengabadikan momen matahari terbenam, sebaiknya pilih berada di tebing ini, sehingga sudut-sudut yang Anda pilih bisa lebih beragam dan Anda lebih bebas merekam momen yang Anda suka dalam bentuk foto atau video. 

Aktivitas-aktivitas Seru dan Asyik di Balangan Beach

Sebagian besar wisatawan dari luar negeri memilih berjemur, duduk santai di bibir pantai atau berenang dan berselancar. Anda tinggal memilih apa yang ingin Anda lakukan, karena yang jelas, pantai ini memberikan keleluasaan untuk menikmati keindahan.

Jika Anda membawa anak-anak, maka bermain pasir bisa menjadi aktivitas seru. Kalau mereka ingin berenang, pastikan mereka tetap dalam pengawasan Anda. Ini penting karena tidak ada penjaga pantai atau lifeguard di sana. 

Pantai Pasir Putih yang Spot Favorit Foto Prewedding

Suasananya yang tidak terlalu ramai, pasir putihnya dan pemandangan matahari terbenamnya, membuat Balangan menjadi pilihan untuk berfoto-foto, termasuk foto prewed

Calon-calon pengantin banyak memilih mengabadikan momen sebelum pernikahan mereka di kawasan ini karena memang memiliki daya tarik yang memesona jika terabadikan melalui jepretan-jepretan fotografer dan videografer profesional. 

Mungkin kemudian bertanya, pukul berapa sebaiknya mengunjungi pantai ini. Nah, ini jelas tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin merekam matahari terbenam, maka datanglah berkunjung pukul 5. 

Tapi, jika Anda ingin merasakan nuansa keindahan pantai tak terganggu banyak orang, datanglah pukul 7 atau 8 pagi. 

Daya tarik lain jika Anda mengunjungi Pantai Balangan adalah, kawasan ini dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya, seperti Pantai Padang, Pantai Suluban dan Pantai Bingin. Jadi setelah puas di Balangan, Anda bisa memilih ke pantai-pantai lain di dekatnya. Seru kan!

Tips Asyik untuk Berlibur Seru di Balangan Beach

Supaya momen seru Anda makin asyik, coba terapkan tips-tips berikut ini saat Anda berada di Pantai Balangan:

  • Bawa mobil pribadi/sewa, karena kawasan ini tidak menyediakan transportasi umum.
  • Sebaiknya bawalah topi, syal dan payung agar sinar matahari tak terlalu menyengat kulit Anda.
  • Oleskan tabir surya pada tubuh dan wajah Anda. Gak seru kan setelah liburan, kulit Anda jadi terlihat kusam karena sengatan matahari.
  • Sebaiknya Anda membawa kamera selain kamera HP agar hasil jepretan Anda lebih memuaskan.

Kesimpulan

Sudah ada gambaran kapan mau ke Balangan Beach? Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda ya. Sebaiknya Anda mematangkan rencana dan mencari paket wisata Bali terbaik untuk liburan yang mengesankan. Pastikan pula Anda sekeluarga dalam keadaan sehat, agar liburan menjadi momen bersama yang indah.

Logo Tripbali
ABOUT TRIPBALI
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata bali, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2023 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram