Air Terjun Nungnung [update 2023] : Foto, Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas

Ditulis Oleh Kartika
Dalam
InformasiLokasi & RuteJam Buka & Harga TiketFasilitasDaya TarikRekomendasi & TipsGalleryKesimpulan

Air terjun Nungnung adalah salah satu obyek wisata alam yang terkenal di wilayah Kabupaten Badung, Bali Selatan. Sebelumnya Bali Selatan telah lebih dahulu terkenal dengan wisata pantai berpasir putih yang cantik, ternyata juga menyimpan pesona air terjun yang memukau.

post

Lokasi Air Terjun Nungnung

Nungnung terletak di Banjar Nungnung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang,  Kabupaten Badung.  Air terjun ini dikelilingi oleh  tebing tinggi dengan pohon-pohon tinggi hijau yang rimbun. Berada di lokasi air terjun ini rasanya sungguh sangat menyegarkan. 

Air terjun Nungnung ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dan memiliki kolam di bawah air terjunnya. Air terjun Nungnung juga dikenal memiliki debit air tinggi. 

Nungnung ini terletak di ketinggian 900 mpdl sehingga cuaca di tempat ini sejuk dan segar. Ditambah lagi dengan deburan air terjun membuat cuaca dan hawa di sini semakin sejuk. 

Nungnung waterfall terletak berada di kemiringan 50 – 60 derajat. Kemiringan ini membawa pengaruh kepada turunnya titik-titik air tersebut dari atas.

Cara Akses dan Rute menuju Air Terjun Nungnung 

Jika Anda bertolak dari Kuta ke air terjun Nungnung, kira-kira Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 51 km atau 1 jam 22 menit. Anda bisa mengambil rute melalui Jalan Raya Pucak Mangu menuju ke air terjun ini. 

Jika Anda dari Ubud, Anda membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 58 – 60 menit atau sekitar 35 km jarak yang harus ditempuh. Anda bisa mengambil rute melalui Jalan IGST Ngurah Rai lalu masuk ke Jalan Raya Pucak Mangu menuju lokasi air terjun. 

Akan tetapi jika tempat menginap Anda ada di daerah Kota Denpasar, Anda harus menempuh jarak 44 km atau sekitar  1 jam 9 menit. Rute melalui Jalan Raya Pucak Mangu ini masih tetap menjadi jalan dengan rute paling cepat menuju lokasi. 

Perjalanan menuju ke air terjun Nungnung ini dapat Anda tempuh dengan kendaraan pribadi atau Anda menyewa kendaraan untuk bepergian ke destinasi wisata yang Anda tuju.

( Klik Gambar untuk membuka destinasi di Google Maps )

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Terjun Nungnung

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun Nungnung ini, Anda harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 7.500/orang, ditambah dengan biaya parkir Rp. 5.000; untuk motor dan Rp. 10.000; untuk mobil. 

Air terjun Sekumpul ini buka dari jam 08.00 – 18.00 WITA. Waktu terbaik untuk datang ke air terjun ini adalah di pagi hari dan tidak terlalu siang. 

Fasilitas Air Terjun Nungnung  

Air terjun Nungnung ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain:

  • area parkir
  • kamar mandi dan toilet 
  • warung makan 
  • gazebo  

Daya Tarik Air Terjun Nungnung 

Berikut ini adalah daya tarik dari air terjun nungnung yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan :

Pemandangan Alam yang Cantik

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun Nungnung ini, Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat menarik. Anda akan mendapati banyak pohon tinggi dan rapat serta rimbun. 

Sesampainya di lokasi air terjun, Anda akan bertemu dengan tebing tinggi yang dipenuhi tumbuhan, pepohonan rapat berwarna hijau, kolam yang berwarna biru. Segala kelelahan akan lenyap, terbayar dengan cantiknya pemandangan yang ada di depan mata.

Jalur Trekking yang Menantang 

Untuk mencapai air terjun Nungnung, Anda harus berusaha keras karena Anda harus menuruni anak tangga yang terbuat dari beton sejauh 400 m.

Anda harus berhati-hati karena anak tangga ini sering kali licin karena terkena air dan berlumut di beberapa bagian. Akan tetapi jangan khawatir karena ada pegangan ketika Anda menuruni tangga ini.

Air Terjun dengan Debit Air Besar

Tak pelak lagi salah satu daya tarik yang membuat orang datang ke tempat ini adalah air terjun itu sendiri.Dengan ketinggian sekitar 50 m dan dengan debit air besar, menjadikan air terjun ini begitu menantang untuk didatangi dan dieksplorasi. 

Debit air yang besar itu membentuk kolam di bawah air terjun dengan jumlah air yang cukup banyak. Hal tersebut sangat memuaskan bagi Anda yang ingin berenang di bawah air terjun.  

Rekomendasi Aktivitas di Air Terjun Nungnung

Rekomendasi kegiatan dibawah ini sudah disiapkan oleh tim Tripbali untuk menjadi referensi bagi kalian yang mau mengunjungi air terjun :

Berenang di kolam air terjun

Jika Anda ingin berenang di kolam di bawah air terjun, Anda harus cek terlebih dahulu arus yang ada di sana; apakah cukup aman atau tidak. Juga harus berhati-hati deburan air yang turun karena cukup deras. 

Berfoto dengan latar air terjun 

Berfoto dengan latar belakang air terjun merupakan favorit para wisatawan karena memang panoramanya indah sekali. Selain itu Anda bisa mengambil spot foto dengan latar tebing penuh tumbuh-tumbuhan paku dan pohon rimbun. Cantik sekali. 

Menikmati pemandangan

Kegiatan ini merupakan favorit. Begitu Anda tiba di depan air terjun, Anda bisa duduk di batu-batu sambil bermain air dan merasakan cipratan air terjun. Sungguh sangat segar, rileks, dan menyenangkan.  

Ada banyak spot yang bisa Anda gunakan untuk duduk sambil merendam kaki menikmati kesejukan air dari air terjun. Tetapi hati-hati ya karena batu-batu sungai di aliran air terjun ini cukup licin.

 

Tips Berwisata di Air Terjun Nungnung 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda mengunjungi Nungnung waterfall ini, sebagai berikut: 

  • Pastikan bahwa Anda dalam kondisi tubuh yang sehat dan fit.Oleh karena nantinya Anda akan berjalan menuruni anak tangga dan juga menaiki anak tangga sejauh 400 m Anda harus benar-benar dalam keadaan prima.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas Anda ini.Memilih pakaian yang sesuai dengan aktivitas, akan membuat Anda terbantu menjalani aktivitas tersebut karena Anda merasa nyaman. Pilihlah celana pendek, celana ⅞, celana selutut, kaos longgar yang nyaman.
  • Pakailah sandal gunung atau sandal khusus trekking.Sandal gunung disarankan untuk aktivitas di air terjun Nungnung ini karena nantinya Anda akan masuk ke dalam air
  • Bawalah kantong sampah sendiri.Selalu diingat untuk tidak meninggalkan sampah di dimanapun Anda berada. Jadi lebih baik Anda membawa kembali sampah Anda ke area parkir dan mencari tempat sampah, daripada Anda meninggalkan sampah Anda sembarangan di lokasi air terjun ini.
  • Bawalah perbekalan Anda secukupnya.Bawalah air mineral dan makanan ringan yang cukup untuk dimasukkan ke dalam ransel Anda. Anda akan membutuhkannya ketika sudah selesai bermain air dan berenang nanti.
  • Bawalah uang tunai secukupnya.Bawalah uang tunai dengan nominal besar dan kecil dalam jumlah yang cukup. Di lokasi air terjun Nungnung ini lebih baik Anda menyiapkan uang tunai karena tempat ini jauh dari kota.
  • bawalah kamera atau ponsel dengan kamera berkualitas bagus.Anda akan banyak mengabadikan momen berkesan di sini, jadi siapkan kamera yang bagus atau ponsel dengan kamera resolusi besar yang berkualitas.
  • Bawalah pakaian ganti karena kemungkinan besar baju Anda akan basah karena terkena air.
  • Bawalah perlengkapan pribadi seperti perlengkapan mandi, handuk, dll.
  • Sediakan juga jas hujan karena di tempat ini seringkali turun hujan.

Perlengkapan yang Harus Dibawa ke Air Terjun Nungnung

Berikut ini adalah perlengkapan yang harus Anda bawa ketika Anda berkunjung ke air terjun Nungnung adalah  sebagai berikut: 

  • sandal gunung/sandal trekking 
  • bag pack (ransel) yang berisi air minum, makanan ringan 
  • kamera atau ponsel 
  • kantong sampah 
  • topi 
  • baju ganti 
  • jas hujan 
  • kantong plastik untuk tempat baju basah 

Kesimpulan 

Air terjun Nungnung merupakan salah satu wisata andalan daerah Badung, Bali Selatan. Air terjunnya yang tinggi dan memiliki debit air tinggi serta air yang deras dengan panorama indah merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Panorama tebing dengan pohon yang rimbun dan hijau juga menambah pesona air terjun ini; menjadikannya semakin sejuk dan menenangkan. Dengan membaca ulasan dari kami di paket wisata Bali mengenai air terjun Nungnung ini, apakah Anda tertarik untuk mencoba kesegaran air terjun ini?

Anda bisa mulai merencanakan liburan Anda mulai dari sekarang dengan memasukkan destinasi ini dalam bucket list wisata Anda. Jangan lupa kontak kami ya jika Anda membutuhkan paket liburan di Bali anti ribet. 

Cusss!

Logo Tripbali
ABOUT TRIPBALI
Perusahaan penyedia layanan organizer berbasiskan paket wisata bali, team building outbound, gathering, outing dan paket meeting, serta berbagai kebutuhan  event kreatif untuk korporat.
Dipercaya lebih dari 287 kantor dari seluruh Indonesia sejak 2015.
CONNECT TO US
Our Office
Tambak Mas Kav. 94
Jl. Godean Km. 1, Yogyakarta - INDONESIA
Postal Code 55182
Our Social Media
Tripnesia Destination © 2023 All Rights Reserved. Made with ❤ by omnidigital.id
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram